Padi

FARMER FIELD DAY SPESIAL AVATAR 400 SC: GULMA TUNTAS PADI BERKUALITAS

Posted On 05 Maret, 2024 by Digital Promotion Team

WhatsApp Image 2024-03-18 at 11.20.33_0e1e71bb.jpg

Gulma adalah salah satu kendala utama dalam pertanian yang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi petani. Petani perlu mengadopsi strategi pengendalian gulma yang tepat, termasuk penggunaan herbisida. Maka dari itu pada hari selasa tanggal 5 Maret, Market Development Officer (MDO) dari DGW mengadakan kegiata Farmer Field Day (FFD) yang Dihadiri 80 petani di Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo. Kota Madiun. 

 

FFDS.jpg

 

Farmer Field Day adalah kegiatan yang sangat penting dalam edukasi di kalangan petani. kegiatan ini memberikan kesempatan bagi petani untuk melihat langsung teknologi, produk, dan praktik terbaru dalam pertanian. Salah satu elemen penting dari farmer field day adalah lahan uji demo plot.

 

WhatsApp Image 2024-03-18 at 13.04.42_78878ea1.jpg

 

FFD kali ini bertujuan untuk memperkenalkan produk AVATAR 400 SC. produk AVATAR 400 SC merupakan herbisida selektif berbahan aktif Sodium bispiribak 400 g/l, yang dirancang khusus untuk mengendalikan gulma bandel pada tanaman padi, terutama Echinochloa sp (jejagoan) dan teki-tekian. Gulma tersebut dikenal sebagai gulma yang sulit diatasi dan dapat menyebabkan penurunan hasil pada tanaman padi jika tidak dikendalikan dengan baik.

 

kegiatan FFD dimulai dari jam 09.00 WIB dengan Tim MDO mengajak Petani untuk melakukan pengamatan langsung ke lahan demo plot. Petani dapat melihat langsung hasil evikasi produk AVATAR 400 SC dan dapat membandingkan dengan lahan yang menggunakan produk lain.

 

Sishadi, salah satu petani andalan DGW telah membuktikan kehebatan teknologi Avatar yang diaplikasikan pada lahan padi miliknya, "Ketika saya menggunakan Avatar di lahan saya, saya tidak perlu matun lagi, karena setelah aplikasi di umur padi 10 Hst, gulma langsung mati dan bertahan sampai umur 35 Hst. Dan gulma-gulma bandel seperti grinting, lulangan dapat teratasi.” ucapnya. 

 

WhatsApp Image 2024-03-18 at 13.04.41_c4508892.jpg

 

Setelah berkunjung ke lahan, Tim MDO mengajak petani untuk berdiskusi mengenai hasil pengamatan di lahan demo plot dan para petani diberi kesempatan untuk mengikuti pengundian hadiah.