Padi

Bazar Tani Lumajang 2024 : Pameran Tanaman Padi Berkualitas di Kecamatan Jatiroto

Posted On 15 Agustus, 2024 by Digital Promotion Team

WhatsApp Image 2024-08-15 at 11.02.07.jpeg

Padi (Oryza sativa) adalah tanaman serealia yang paling penting di dunia dan merupakan sumber utama pangan bagi lebih dari setengah populasi global. Padi memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai negara, terutama di Asia. Beras yang dihasilkan dari padi merupakan bahan pokok yang tidak hanya menjadi sumber karbohidrat utama, tetapi juga kaya akan nutrisi lain seperti protein, vitamin, dan mineral. 

Padi sebagai tanaman pokok yang sangat penting sering menghadapi berbagai tantangan dari hama dan penyakit yang dapat secara signifikan menurunkan hasil produksi. Pengelolaan hama dan penyakit yang efektif sangat penting untuk memastikan keberlanjutan produksi padi dan menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu pada tanggal 7 Agustus 2024, Tim Demand Creation PT. Dharma Gunawa Wibawa menyelenggaran Acara Bazar Tani Lumajang 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Jatiroto, Desa Jatiroto, Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang.

IMG_7209.JPG

Acara Bazar Tani tersebut diselenggarakan untuk memfasilitasi para petani padi di Kecamatan Jatiroto sebagai media diskusi dan kunsultasi mengenai pengendalian hama dan penyakit tanaman padi untuk semua fase pertumbuhan, dari mulai perlakuan benih sampai fase generatif. Tak hanya petani yang hadir, acara ini juga dihadiri oleh Asisten Bupati Lumajang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Hari Susiati, S.H., dan juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten Lumajang, Bapak Ir. Hairil Diani, M.Si. Turut hadir juga Camat Kecamatan Jatiroto dan Jajaran BPP Kecamatan Jatiroto.

Para petani pun sangat antusias untuk menghadiri kegiatan tersebut, tercatat ada lebih dari 900 petani yang hadir. Dalam kegiatan tersebut petani bisa melihat spesimen padi berkualitas dari semua fase pertumbuhan. Petani juga mendapat sosialisai langsung mengenai permasalahan hama dan penyakit di lapangan, sekaligus bisa konsultasi langsung untuk cara pengendaliannya.

WhatsApp Image 2024-08-15 at 11.01.41.jpeg

Selain diisi dengan pameran pertanian, door prize menarik, dan hiburan orkes musik. Bazar Tani Lumajang 2024 juga makin meriah karena turut diadakan lomba mewarnai dengan konsep edukasi dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79. Lomba tersebut dikhususkan untuk pelajar Taman Kanak-kanak. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, lomba mewarnai tersebut diikuti oleh pelajar Taman Kanak-kanak di seluruh Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang. Masyarakat Jatiroto pun sangat senang dan puas atas terlaksananya kegiatan tersebut