Bawang Merah

Tips Budidaya Tanaman Bawang Merah: Cara Ampuh Mengendalikan Rumput, Gulma Terkendali Sejak Dini

Posted On 21 Desember, 2022 by Product Development Team

Bawang.png

Hallo Sobat Tani! 

 

Komoditas bawang merah merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Tanaman bawang merah dapat ditemukan dibanyak daerah di Indonesia terutama di daerah yang merupakan sentra produksi bawang merah seperti Brebes, Nganjuk, Bima, Enrekang, Padang. Bawang merah dapat tumbuh dengan baik di Indonesia karena tanah dan cuaca mendukung untuk mendukung kelangsungan budidaya tanaman bawang merah.

 

Budidaya bawang merah merupakan salah satu budidaya tanaman yang lumayan padat modal. Salah satu biaya dalam budidaya bawang merah yang memerlukan biaya yang cukup tinggi adalah pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti hama, penyakit dan gulma. Masing- masing OPT tersebut memberikan dampak kerugian yang berbeda beda.

 

Gulma merupakan salah satu OPT yang paling merugikan dan harus ditangani sejak dini bahkan sebelum proses penananam. Gulma dapat menyebabkan kerugian karena gulma bersaing dengan tanaman dalam hal kompetisi ruang tumbuh, nutrisi dan cahaya. 

 

1. Kompetisi Ruang Tumbuh 

 

Setiap komoditas tanaman termasuk bawang bawang membutuhkan jarak tanam yang ideal. Jika jarak tanam terlalu rapat, partumbuhan tanaman akan kurang optimal dan membuat iklim mikro disekitar tanaman menjadi kurang bagus untuk tanaman. Jarak tanam yang terlalu lebar membuat jumlah tanaman yang ditanam kurang optimal atau terlalu sedikit. Selain itu, jarak tanam yang terlalu lebar akan memberikan ruang tumbuh yang cukup bagi gulma. Tentu hal ini akan sangat merugikan. 

 

 

2. Kompetisi Nutrisi/ Unsur Hara 

 

Setiap tumbuhan baik yang kita budidayakan maupun tumbuhan liar seperti gulma membutuhkan unsur hara untuk partumbuhan. Jika disekitar tanaman utama tumbuh banyak gulma tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan karena unsur hara yang ada di tanah akan diperebutkan oleh tanaman budidaya dan gulma. Jika Sobat Tani memberikan pupuk tambahan baik pupuk hayati maupun kimia juga tetap tidak akan optimal jika masih ditemukan banyak gulma disekitar tanaman utama. Oleh karena itu gulma sangat perlu dikendalikan 

 

3. Cahaya 

 

Semua tumbuhan yang melakukan fotosintesis pasti membutuhkan cahaya. Cahaya merupakan salah satu factor utama yang menentukan hasil fotosintesis. Jika disekitar tanaman budidaya banyak gulma yang tumbuh, cahaya matahari akan diperebutkan oleh tanaman utama dan gulma, apalagi jika gulma tumbuh lebih dominan dan menutupi sebagian besar tanaman utama. 

 

Selain gulma berkompetisi dengan tanaman utama dalam ketihal hal tersebut, gulma juga dapat menjadi inang alternatif atau inang perantara bagi banyak jenis hama dan patogen. Oleh karena itu gulma perlu dikendalikan agar budidaya tanaman yang dilakukan Sobat Tani memberikan hasil yang sesuai dengan harapan Sobat Tani. Tentu saja Sobat Tani DGW tidak mau kan melakukan budidaya suatu tanaman tetapi hasilnya tidak optimal bahkan merugi?

 

Pengendalian gulma dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pengendalian manual, fisik, mekanik, biologis, maupun kimiawi. Pengendalian gulma secara manual dapat dilakukan dengan mencabut gulma secara langsung. Pengendalian secara fisik dapat dilakukan dengan penggunaan mulsa karena mulsa akan menghambat pertumbuhan gulma. Pengendalian secara mekanik dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat – alat seperti parang, cangkul dan sejenisnya. Pengendalian secara biologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan musuh alami gulma seperti beberapa jenis serangga maupun patogen, namun pengendalian secara biologi harus hati-hati agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Pengendalian gulma secara kimiawi dapat dilakukan dengan memanfaatkan herbisida. 

 

Salah satu jenis herbisida yang paling banyak digunakan untuk mengendalikan gulma bawang yaitu bahan aktif oksifluorfen. Bahan aktif cukup populer untuk petani bawang merah. Apakah Sobat Tani sudah pernah mengenal bahan aktif ini atau bahkan pernah menggunakannya? 

 

DGW juga memiliki produk baru dengan bahan aktif oksifluorfen yaitu Trail 240 EC. Trail 240 EC adalah herbisida selektif tanaman bawang merah yang mampu mengendalikan gulma pada tanaman bawang merah dan aman bagi tanaman utama. Trail 240 EC mampu mengendalikan biji gulma yang belum tumbuh yang berada di dalam tanah. 

 

Trail 240 EC dapat diaplikasikan sebelum tanam atau 1-3 hari setelah tanam dengan penggunaan sebanyak 25-30 ml (1 tutup botol) per tangki 16 liter. Setelah diaplikasikan, Trail mampu bertahan ditanah sekitar 20 – 40 hari sehingga mampu menghambat pertumbuhan gulma. Jadi jika Sobat Tani menggaplikasikan Trail 240 EC di lahan, tanaman bawang merah Sobat Tani aka aman dari gulma. 

 

Apakah Sobat Tani sudah ada yang pernah menggunakan Trail 240 EC? Silahkan bagikan pengalaman Sobat Tani dalam menggunakan Trail 240 EC di kolom komentar. 

 

Trail 240 EC !! Melindungi Sejak Dini

 

Triester-480-EC-100-ml.png